Marquee

Blog ini merupakan sebuah catatan penulis untuk mengumpulkan informasi untuk bekal kehidupan penulis dan ajang bagi generasi muda Desa Kwarakan, Kec Kaloran, Kab Temanggung menambah wawasan dalam hal ilmu pengetahuan dan tehnologi ☼ Mohon maaf apabila ada konten yang kurang berkenan dihati anda ☼ Silahkan kunjungi kami juga di Kwarakan.com ☼ Bagi anda pemuda / pemudi desa kwarakan silahkan bergabung di grup facebook Badak sakti part 2 ☼ Untuk mengenal lebih lanjut profil Desa kami silahkan klik ☼ BUAH KEPELPROFIL DESA KWARAKANKAPULAGAKLENGKENG ANDALAN DESAKUPANILI EMAS HIJAU YANG TERABAIKAN SENGONBERANDA ☼ Mendengarkan / Melihat / unduh Pengajian silahkan klik ► CERAMAH / Pengajian ☼ Membaca AL QURAN silahkan klik ► AL QUR'AN ☼ Membaca contents - contents islam silahkan klik ► CONTENT ISLAM

Kamis, 07 Juli 2011

Di balik hikmah Isra' Mi'raj )

Oleh     : Priyayi Kwarakan

Sumber : Lembaran Da'wah keluarga edisi 995 thn XVII 1432 H / 2011

Peristiwa Isra Mi'raj selain meningkatkan keyakinan nabi Muhammad SAW terhadap keluasaan Allah , juga menunjukkan kepada kita urgensi dan keagungan sholat lima waktu. Mengapa nabi  Muhammad SAW mendapatkan perintah sholat 5 waktu ketika beliau isra' mi'raj ? Bukankah bisa di waktu yang lain? Mengapa harus melalui peristiwa khusus seperti ini ?
Dengan melihat keagungan Allah di alam raya , Disaksikan oleh nabi bagaimana seluruh alam semesta bertasbih , bertahmid , dan bersujud kepada Allah. Seluruh alam ciptaan Allah pada hakikatnya senantiasa tunduk patuh berserah diri kepada Allah , dengan suka maupun terpaksa . Dalam ha ini kita ( manusia ) hendaknya senantiasa berserah diri kepada-Nya .
".....  tak ada yang merasa terpaksa kecuali manusia yang kufur dan lupa akan peran Allah di alam semesta........."
" Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada didalam nya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada  suatupun melainkan bertasbih memuji-Nya.Tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka . Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. " ( QS AL ISRA 44 )
" Tidaklah kamu tahu bahwasanya Allah : kepada - Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan ( juga ) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing - masing telah mengetahui ( cara ) sholat dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan. " ( QS AN NUUR 41 )
Dalam perjalanan Isra' mi'raj nabi menyaksikan langsung bagaimana tasbih , tahmid , dan sujudnya alam semesta kepada Allah. Nabi Muhammad Shollaallahu Alaihi wa Sallam kemudian langsung berhadapan dengan Alah Subhanahu wa Ta'ala secara langsung, meskipun tidak di sebutkan bahwa pada saat itu Beliau melihat Allah.  Beliau juga menyaksikan aneka ragam peristiwa yang menggambarkan kondisi masa lalu dan masa depan manusia , menyaksikan peristiwa ghaib seperti penghuni syurga , neraka dan peristiwa ghaib lainnya.
Hadist - hadist menunjukkan bahwa dalam peristiwa mi'raj Allah memberikan perintah Sholat lima waktu sebagai kewajiban harian setiap muslim dalam kehidupannya. Sholat yang khusu' hanya dapat dijalankan dengan keyakinan bahwa kita pasti menghadap Allah .
" Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu .Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat ,kecuali bagi orang - orang yang khusyu' , ( yaitu ) orang - orang yang meyakini , bahwa mereka akan menemui  Tuhannya , dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya " ( QS AL BAQARAH 45 - 46 )  
Sholat yang kita lakukan juga merupakan mi'raj, sebagaimana Rosulullah pernah mengatakan "..As-shoaatu mi'rojul mu'miniin " ( dalam arti sholat itu naiknya ke langit orang -orang yang beriman ). Maksudnya adalah bahwa secara jasmani tetap tinggal dibumi tetapi secara rohani seolah - olah kita sedang beradapan dengan Allah . Bukankah dalam sholat kita menghadap Allah dan menyatakan kembali kesaksian kita tentang Allah , Dalam sholat kita membaca surat Al fatehah , rukuk , sujud ... kemudian setiap duduk tahiyat kembali memperbarui ikrar syahadat ...." Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah ".
Dalam peristiwa isra' Rasulullah sholat , bertemu dan mengimami para nabi lainnya , dimulai keberangkatan dari Masjidil haram ke Masjidul Aqsa , baru mi'raj ke shidratul muntaha . Hal ini menandai pentingnya sholat berjamaah di masjid sebagai tempat hamba - hamba yang shaleh berkumpul . Masjid dibangun sebagai pusat kegiatan kaum muslimin dan sebagai tempat bersujud kepada Allah .
Masjid yang pertama dibangun untuk beribadah kepada Allah adalah ka'bah Baitullah di kota Mekkah.
" Sesungguhnya rumah yang mula - mula dibangun untuk ( tempat beribadah ) manusia , ialah Baitullah yang ada di Bakkah ( Mekkah ) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua  manusia . Padanya terdapat tanda - tanda yang nyata , ( di antaranya ) maqam Ibrahim ; barangsiapa memasukinya ( Baitullah itu ) menjadi amanlah dia ; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah , yaitu ( bagi ) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah . Barang siapa mengingkari (kewajiban haji) , maka sesungguhnya Allah Maha Kaya ( tidak memerlukan sesuatu ) dari semesta alam " QS Ali Imraan : 96 - 97
 Dari kota Mekkah inilah sejarah tahwid di mulai oleh Nabiyullah Ibrahim yang kemudian dianjutkan anak - anak  dan cucu beliau serta para pengikut mereka dari generasi ke generasi - dari jaman ke jaman bahkan hngga sampai hari kiamat nanti."...........Sesunnguhnya setiap jengkal bumi di peruntukkan sebagai masjid ( tempat bersujud ) kepada Allah....."  karenanya umatnya tahwid membangun masjid  diseluruh dunia namun mereka tetap menghadapkan masjid tersebut ke Al Masjidil Haram di mana Ka'bah di situ terletak . Dalam hal ini juga sehendaknya umat islam juga satu arah ( satu kiblat ) dalam menegakkan ajaran islam .
Kebenaran hanya milik Allah

Tidak ada komentar:

Entri Populer