Marquee

Blog ini merupakan sebuah catatan penulis untuk mengumpulkan informasi untuk bekal kehidupan penulis dan ajang bagi generasi muda Desa Kwarakan, Kec Kaloran, Kab Temanggung menambah wawasan dalam hal ilmu pengetahuan dan tehnologi ☼ Mohon maaf apabila ada konten yang kurang berkenan dihati anda ☼ Silahkan kunjungi kami juga di Kwarakan.com ☼ Bagi anda pemuda / pemudi desa kwarakan silahkan bergabung di grup facebook Badak sakti part 2 ☼ Untuk mengenal lebih lanjut profil Desa kami silahkan klik ☼ BUAH KEPELPROFIL DESA KWARAKANKAPULAGAKLENGKENG ANDALAN DESAKUPANILI EMAS HIJAU YANG TERABAIKAN SENGONBERANDA ☼ Mendengarkan / Melihat / unduh Pengajian silahkan klik ► CERAMAH / Pengajian ☼ Membaca AL QURAN silahkan klik ► AL QUR'AN ☼ Membaca contents - contents islam silahkan klik ► CONTENT ISLAM

Sabtu, 06 Agustus 2011

Radiator


Radiator yang penukar panas digunakan untuk mentransfer energi panas dari satu medium ke lainnya untuk tujuan pendinginan dan pemanasan. Mayoritas radiator dibangun untuk berfungsi dalam mobil , bangunan , dan elektronik . Radiator selalu merupakan sumber panas ke lingkungan, meskipun ini mungkin baik untuk tujuan pemanasan lingkungan ini, atau untuk pendinginan cairan atau pendingin disediakan untuk itu, seperti untuk pendinginan mesin .
Para radiator pemanas diciptakan oleh Franz San Galli , seorang kelahiran Polandia Rusia pengusaha yang tinggal di St Petersburg , antara 1855-1857.

Radiasi dan konveksi

Orang mungkin mengharapkan "radiator" istilah berlaku untuk perangkat yang mentransfer panas terutama oleh radiasi termal (lihat: pemanasan inframerah ), sementara perangkat yang terutama mengandalkan pada alam atau terpaksa konveksi akan disebut "convector". Dalam prakteknya, "radiator" merujuk ke salah satu dari sejumlah perangkat di mana cairan bersirkulasi melalui pipa terbuka (sering dengan sirip atau cara lain luas permukaan meningkat), walaupun perangkat tersebut cenderung perpindahan panas konveksi terutama oleh dan mungkin logis disebut convectors. Istilah "convector" mengacu pada kelas perangkat di mana sumber panas yang tidak langsung terkena.

Pemanasan Ruangan

Radiator biasanya digunakan untuk bangunan panas. Dalam sistem pemanas sentral , air panas atau kadang-kadang uap dihasilkan dalam boiler pusat, dan diedarkan oleh pompa melalui radiator dalam gedung. Ada dua jenis: Single-pipa dan double-pipa. Single-pipa radiator bekerja dengan uap, sedangkan ganda-pipa radiator bekerja dengan uap atau air panas.

Mesin pendingin







Mesin mobil teluk, dengan radiator di depan


Artikel utama: Radiator (mesin pendingin)


Radiator digunakan untuk pendinginan mesin pembakaran internal , terutama dalam mobil tetapi juga di pesawat bermesin piston, lokomotif kereta api , sepeda motor , pembangkit stasioner atau penggunaan serupa seperti mesin.


Mereka beroperasi dengan melewatkan cairan pendingin melalui blok mesin , di mana dipanaskan, kemudian melalui radiator itu sendiri di mana ia kehilangan panas ini ke atmosfer. Pendingin ini biasanya berbasis air, tetapi mungkin juga minyak. Hal ini biasa untuk aliran pendingin harus dipompa.


Untuk mendinginkan mesin, pendingin dipanaskan mengalir melalui mesin dimasukkan ke dalam header dari radiator melalui inlet dan kemudian mendingin turun karena bersirkulasi melalui tabung untuk header yang berlawanan dan keluar pendingin dingin kembali ke mesin melalui outlet, dan siklus diulang. Seperti bersirkulasi melalui tabung, pendingin transfer panas ke tabung yang, pada gilirannya, perpindahan panas ke sirip yang diajukan antara setiap baris dari tabung. Sirip kemudian memancarkan panas yang ditransfer oleh tabung ke udara sekitarnya, maka radiator panjang.


Core tradisional radiator terbuat dari bahan bangunan Tembaga dan Kuningan yang telah terbukti memberikan kinerja tinggi pendingin dalam lingkungan yang paling, meskipun sekarang sedang semakin umum untuk radiator OEM untuk diproduksi dari Aluminium. Meskipun aluminium radiator core memiliki sifat pendinginan kurang efektif, mereka adalah biaya yang lebih rendah untuk menghasilkan karena harga tembaga terus meningkat.


Radiator sering dipasangkan dengan kipas yang berhembus udara melalui radiator. Air adalah bagian penting dari proses transfer panas karena dibutuhkan panas dari radiator. Udara memanas relatif cepat dan bahwa agar radiator untuk melanjutkan untuk mentransfer panas ke udara sekitarnya efektif, udara panas terus menerus harus digantikan oleh udara sejuk sehingga proses perpindahan panas dapat terus. Itulah sebabnya radiator yang terletak di belakang grill di ujung depan mobil. Sebagai bergerak mobil, udara mengalir melalui radiator dan terus menerus "mengambil" pergi panas. Namun, ketika mobil tidak bergerak atau ketika aliran udara alami tidak cukup, kipas angin menunjuk langsung pada inti angkatan udara lebih melalui itu dan lebih banyak panas yang ditransfer.
Elektronik







Sebuah heatsink pasif pada motherboard


Sebagai perangkat elektronik menjadi lebih kecil namun lebih mampu masalah penyebaran limbah panas menjadi lebih sulit. Radiator kecil dikenal sebagai heat sink yang digunakan untuk menyampaikan panas dari komponen elektronik ke aliran pendingin udara.
Panas tenggelam, yang menghilangkan energi termal, tidak harus bingung baik dengan radiator listrik atau radiator elektromagnetik elemen , pembagian antena di elektronik yang mengirimkan atau menerima elektromagnetik energi .

Teori operasi

Dari perspektif teknik, radiator bervariasi dari yang ideal tubuh hitam dengan faktor, ε, yang disebut emisivitas , yang merupakan properti spektrum-tergantung dari bahan apapun. Umumnya, cairan massa termal , mengandung panas harus ditolak, dipompa dari sumber panas ke radiator, di mana ia melakukan ke permukaan dan memancarkan ke dalam media pendingin sekitarnya. Tingkat aliran panas tergantung pada sifat fluida, laju alir, konduktansi ke permukaan, dan luas permukaan radiator. Watts per meter persegi adalah unit SI yang digunakan untukdaya pancar radiasi . Jika sistem ini tidak dibatasi oleh kapasitas panas dari cairan, atau konduktivitas termal ke permukaan, kemudian daya pancar, M ditemukan oleh hubungan keempat daya ke temperatur absolut di permukaan. Para Stefan-Boltzmann konstan digunakan untuk menghitung itu, sebagai M = εσ T 4. Karena panas dapat diserap serta dipancarkan, kemampuan radiator untuk menolak panas akan tergantung pada perbedaan suhu antara permukaan dan lingkungan sekitarnya. Untuk khususnya suhu operasi , aliran panas secara keseluruhan sistem dapat diberikan dalam watt termal

Tidak ada komentar:

Entri Populer